Bukit Sikunir

Alasan Kenapa Wisatawan Wajib Berwisata ke Dieng

Januari 8, 2016
Blog

Destinasi wisata Dieng yang wajib kamu kunjungi

Rasanya tak lengkap jika anda melewati kawasan dataran tinggi Dieng tanpa mengunjungi salaha satu tempat wisata Dieng, Jawa Tengah. Ya, dataran tinggi yang terletak di wilayah kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara tersebut merupakan salah satu kawasan vulkanik aktif di Indonesia dengan pemandangan alam yang memikat dengan berbagai obyek wisata menarik yang tersedia. Penasaran dengan obyek wisata apa saja yang wajib dan harus kamu kunjungi jika ingin melepas penat di wilayah dataran tinggi Dieng? Berikut ini beberapa tempat wisata menarik khusus untuk anda.

  • Telaga Warna
Telaga Warna
Telaga Warna

Telaga dengan warna yang berbeda-beda ini merupakan tempat wisata yang indah dan cantik yang membuat mata anda tak akan lelah untuk menikmatinya. Seperti halnya berbagai obyek wisata di Indonesia lainnya, obyek wisata Dieng yang satu ini juga memiliki cerita tersendiri. Menurut cerita rakyat yang berada di sekitar telaga tersebut, perubahan warna yang terjadi pada Telaga Warna adalah dikarenakan adanya cincin bangsawan yang jatuh ke telaga tersebut. Namun secara ilmiah, warna-warni dari telaga tersebut diakibatkan oleh pembiasan cahaya dari endapan belerang yang ada di dasar telaga. Jika kamu berkunjung ke Telaga Warna ini, kamu bisa menikmati keindahan warna telaga yang didominasi oleh warna hijau, putih kekuningan dan biru laut. Selain itu kamu juga bisa berkeliling di bukit yang mengelilingi Telaga Warna.

  • Candi Dieng
Candi Dieng
Candi Dieng

Masih berada di kompleks wisata dataran tinggi Dieng, kompleks Candi Arjuna merupakan tempat selanjutnya yang wajib kamu kunjungi. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa candi merupakan simbol dari kepariwisataan di Dieng. Selain itu banyaknya candi hindu yang tersebar di dataran tinggi Dieng, membuat tempat ini menjadi tempat yang sakral. DI sini kita bisa melihat beberapa candi yang berdiri berderetan mulai dari Candi Arjuna di sebelah utara, diikuti Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra. Kemudian di depan Candi Arjuna Terdapat Candi Semar yagberbentuk candi perawara.

  • Kawah Sikidang
Kawah Sikidang
Kawah Sikidang

Sebagai dataran tinggi dengan kondisi vulaknik aktif, Dieng juga menawarkan sebuah tempat wisata yang sangat mempesona, yaitu Kawah Sikidang. Pemandangan di sekitar yang sangat indah ditemani bau belerang yang khas saat pertama kali anda memasuki kawasan ini, merupakan kombinasi menarik yang akan membuat nada terpikat dengan salah satu tempat wisata di Dieng ini. Di sini selain menikmati pemandangan kawah yang indah serta bukit hijau dan tanah kapur di sekitarnya, anda juga bisa menikmati berbelanja makanan khas Dieng serta oleh-oleh lainnya, yang tentunya akan menambah pengalaman menyenangkan anda berwisata di Dieng.

  • Bukit Sikunir
Bukit Sikunir
Bukit Sikunir

Jika anda tertarik untukmelihat sunrise yang indah di atas bukit, anda bisa berkunjung ke Bukit Sikunir. Di sini anda bisa menikmati golden sunrise yang menawan. Bukit Sikunir berada di ketinggian 2.200 mdpl dan bisa dicapai dengan berjalan mengikuti jalur pendakian yang sudah tersedia. Setelah berada di puncak bukit, kamu bisa menikmati moment munculnya matahari di ufuk timur yang sangat indah dibarengi denga panorama Gunung Sindoro dan Sumbing yang tak kalah mempesona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *