Papandayan Camping

Family Trip Papandayan Camping

Oktober 7, 2015
Blog

Setiap hari bekerja menjalani kewajiban, membuat kita jarang sekali dapat berkumpul menghabiskan quality time bersama keluarga tercinta. Kemudian saat tiba datangnya hari libur yang sudah di nanti-nanti  itu kita akan mulai membuat planning family trip untuk memanfaatkan  waktu liburan bersama keluarga.

Kami mempunyai saran jika kalian ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, datang saja ke Gunung Papandayan. Gunung Papandayan adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut ini terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Pilihan untuk ngetrip bersama keluarga di Gunung Papandayan adalah pilihan yang tepat. Disana anda bisa melakukan kegiatan trekking bersama keluarga. Udaranya segar, jalurnya tak terlalu sulit, dan banyak pemandangan cantik. Gunung Papandayan adalah salah satu destinasi yang cocok untuk mengisi waktu liburan di alam bebas bersama keluarga.

Pintu Masuk Gunung Papandayan terletak di Cisurupan, sebuah kecamatan yang berjarak sekitar 26 Km di selatan Kota Garut. Setelah melakukan registrasi di pos pintu masuk Gunung Papandayan, Anda dapat memulai perjalanan trekking.

Papandayan Camping Ground
Papandayan Camping Ground

Pemandangan di jalur trekking Papandayan sangatlah Indah, yang terdiri dari kawasan kawah aktif, melintas sungai kecil pegunungan, kawasan vegetasi hutan hijau pegunungan dan kawasan hutan mati. Selain itu, kondisi jalur trekking Gunung Papandayan tidak terlalu berat. Jadi cocok untuk pemula atau untuk keluarga.

Setelah melakukan trekking selama kurang lebih 2 jam perjalanan santai, anda akan tiba di sebuah tanah lapang seluas lapangan sepak bola. Kawasan ini juga banyak di tumbuhi tanaman Bunga Anaphalis Javanica atau lebih di kenal dengan nama Bunga Eidelweis. Kawasan ini bernama Pondok Saladah.

Karena lokasinya yang datar dan terdapat mata air, kawasan ini bisa di gunakan untuk mendirikan tenda untuk berkemah. Berkemah, memasak, menyantap makanan di udara dingin khas pegunungan dan di tutup dengan minum coklat panas, adalah sebuah kenikmatan dan hal itu dapat membuat kita menghilangkan stres dan kejenuhan rutinitas kita di kota besar.

Papandayan Camping
Papandayan Camping

Setelah itu, perjalanan dapat di lanjutkan ke Tegal Alun. Tegal Alun adalah sebuah kawasan terbuka berupa tanah lapang dengan luas sekitar 80 hektar dan di penuhi dengan tanaman bunga eidelweis. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di Tegal Alun dengan berfoto bersama keluarga anda, karena Tegal Alun merupakan salah satu padang bunga eidelweis terluas di Indonesia. Bisa dibayangkan kawasan ini sangatlah indah dan memiliki keunikan tersendiri. Tapi perlu untuk selalu kita ingat, Bunga Eidelweis termasuk tanaman yang di lindungi, maka kita tidak di perkenankan untuk memetiknya.

Setelah puas menikmati keindahan kawasan Tegal Alun dan Pondok Saladah, perjalanan di akhiri dengan turun melalui hutan mati yang tidak kalah eksotisnya dari pemandangan-pemandangan seblelumnya yang sudah kita lewati, adanya hutan mati ini akibat erupsi Gunung Papandayan. Memang, ngetrip dan trekking bersama keluarga di Gunung Papandayan sungguh mengasyikkan, Ini benar-benar akan menjadi trip liburan keluarga yang akan selalu di kenang dan dirindukan. Anda harus mencobanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *