Puncak Bukit Sikunir

Golden Sunrise Puncak Sikunir

Oktober 19, 2015
Blog

Pemandangan yang disuguhkan saat memasuki kawasan Dieng Plateau memang sungguh luar biasa. Gugusan-gugusan rumah yang tidak teratur mengelompok menjadi satu, udara yang dingin dan segar, juga berhiaskan lading-lading curam di kanan dan kiri bukit. Mengiri langkah para penikmat alam ini.

Puncak Sikunir
Puncak Sikunir

Sesekali kabut turun berkenalan dengan siapa saja yang sedang menanti kedatangannya, menghadirkan embun yang mulai membasahi kaca jendela rumah warga, pun kaca helm para pengendara. Nikmat yang luar biasa saat melewati pegunangan Dieng. Berselang-seling rimbunnya hutan dan pegunungan dengan gugusan rumah-rumah petani local. Begitu terus selanjutnya, berpindah-berpindah dari satu bukit ke bukit lainnya.

Perjalanan ke Dieng kali ini kami akan menuju Bukit Sikunir. Siapa yang belum mengetahui panorama dari Bukit Sikunir? Bukit Sikunir berada di desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Di Puncak Bukit Sikunir yang berketinggian 2.232mdpl ini, Golden Sunrise yang konon merupakan Penampakan Matahari Terbit terbaik se-Asia Tenggara menyapa para wisatawan setiap paginya.

Malam hari itu suasana Desa Dieng masih sunyi, gelap dan sepi. Mambuat kami terjaga dari tidur lelap kami. Sang Surya sepertinya masih terlelap di balik hitamnya langit malam. Ya, 10ᵒC rasanya sudah lebih dari cukup untuk mebuat tangan dan kaki menari-nari sendiri. Hanya ada satu alasan sebenarnya mengapa kami rela berlomba dengan Sang Surya untuk terjaga terlebih dahulu, yaitu “Golden Sunrise di Puncak Bukit Sikunir”.

Puncak Sikunir Golden Sunrise
Puncak Sikunir Golden Sunrise

Pukul 4.10 pagi tibalah kami di bawah kaki Bukit Sikunir, hawa dingin pun semakin erat mendekap. Membuat kami tak sabar untuk mulai mendaki. Perjalanan mendaki dimulai dengan jalan berbatu, kemudian masuk ke dalam rimbunnya hutan. Diatas langit tampak beberapa bintang masih sanggup mengintip –ngintip. Perjalanan ini tidak terlalu melelahkan, 25 menit berjalan kalian akan sampai di Puncak Bukit Sikunir. Bersiap menuggu Sang Surya. Secangkir kopi panas jualan para warga local akan menemani kalian menunggu pagi disaat dingin yang tak pernah lelah mendekap.

Pukul 5.15 langit sebelah timur mulai merona kemerahan menyibak langit hitam semalam. Fajar yang dinanti untuk terjaga dari tidurnya pun perlahan mulai datang. Langit pun mulai terang, lalu Gunung Sindoro terlihat jelas berdiri dengan gagahnya. Gunug Prau, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu pun ikut memperlihatkan keperkasaannya.

Puncak Bukit Sikunir
Puncak Bukit Sikunir

Saat kota menawarkan berjuta kemewahan, alam selalu memberikan keindahannya dengan kesederhanaan. Begitulah menawannya dari Puncak Bukit Sikunir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *