Indonesia Open Trip

Indonesia Open Trip

Oktober 7, 2015
Blog

Ngetrip, traveling dan kegiatan melakukan perjalanan lainnya sudah menjadi trend pada masa kini. Hal ini tentu membuka peluang untuk para trip operator mengadakan open trip ke seluruh penjuru Indonesia. Pada umumnya open trip bersifat terbuka, dapat di ikuti oleh semua orang, baik yang sudah saling mengenal, maupun orang-orang yang belum saling mengenal.

Memang benar, dengan open trip kita mempublikasikan tempat wisata dari daerah-daerah yang paling ramai dikunjungi sampai dengan yang tersembunyi dan sepi pengunjung, dan hal ini masih menjadi pro kontra di Indonesia. Apakah harus di publikasikan? Ataukah diam untuk dokumen pribadi?

Beberapa orang ada yang beranggapan, ketika terpublikasi nantinya cagar wisata alam akan rusak. Dan tidak indah lagi tempat yang tadinya indah. Beberapa orang lagi beranggapan, ketika terpublikasi akan banyak wisatawan yang datang sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Dua-duanya pasti mempunyai konsekuensi masing-masing, berbeda pendapat wajar, tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Indonesia Open Trip
Indonesia Open Trip

Dengan open trip berarti kita mempublikasikan tempat wisata di Indonesia, tapi ingat you can’t become a responsible traveler before you know whats is you’re responsible. another people life, culture, and place, is not yours. Mengadakan open trip tidaklah segampang yang dibayangkan. Open trip semestinya diadakan dengan pintar, baik dan benar. Sebelum memutuskan suatu tempat untuk menjadi tujuan pengadaan open trip, haruslah ada study nya dan butuh riset yang panjang apakah tempat tersebut layak untuk diadakan open trip. Karena yang di tentukan itu adalah nasib ratusan orang local disekitarnya, bukan hanya nasib kita peserta open trip dan para pengunjung lainnya.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil jika mengikuti open trip. Contohnya seperti:

  1. Saat mengikuti open trip, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, ada yang lucu, menyenangkan, pendiam, unik dan sebagainya. Selama kamu bisa bersifat positif, orang-orang yang kamu temui di open trip juga akan bersikap yang sama. Dengan mengikuti open trip kamu juga bisa menemukan banyak kesamaan dari teman open trip mu, menemukan teman-teman baru, relasi bisnis, atau mungkin jodoh. Jangan ragu untuk menyapa orang yang baru kamu temui. Semua perjalanan di mulai dengan satu langkah dan semua perjalanan di mulai dengan satu senyuman ramah.
  2. Mengikuti open trip berarti mengikuti jadwal yang sudah di tetapkan oleh trip operator. Kalau merasa suatu trip punya jadwal yang cukup padat, jangan melihat dari sisi yang negatif, anggap saja kamu sedang berlomba mengunjungi banyak tempat dalam waktu yang singkat. Jadi, tidak usah cemberut kalau harus bangun pagi-pagi untuk mengejar sunrise di puncak gunung atau hiking dengan medan yang cukup berat untuk mencapai satu tujuan. Pengalaman yang didapat akan jauh lebih berharga dari rasa lelah setelah melihat pemandangan di tempat itu.
  1. Mengikutiopen trip bisa memangkas waktu untuk riset bagaimana ke tempat tujuan dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di tujuan ngetrip. Kamu juga bisa memilih sendiri paket trip yang pas dengan alokasi waktu, bujet, dan aktivitas yang kamu inginkan. Tidak perlu repot memusingkan diri dengan masalah transportasi dan penginapan atau tersesat di tujuan. Open trip biasanya diadakan oleh para traveler veteran yang sudah hafal luar-dalam dengan tujuan ngetrip.
  1. Rasa kepedulianmu terhadap sesama akan bertambah. Ketika kamu mengalami kesulitan, para peserta lain dalamopen trip akan tidak segan-segan mengulurkan tangan untuk membantu. Untuk itu, jangan ragu untuk menolong peserta lain yang mengalami kesulitan. Atau coba berbagi dengan peserta trip lainnya. Mulai dari cemilan, membantu membawakan barang bawaan, hingga berbagai hal lain.Sharing is caring.
  1. Setelah melakukan semua hal di atas, bisa saja kamu akan menemukan banyak ide baru untuk ngetrip ke tempat-tempat lain. Mungkin dari hasil percakapan dengan teman-teman baru, mungkin juga dari trip operatornya, atau kamu punya ide untuk kegiatan lain yang bisa dilakukan di tempat-tempat yang kamu kunjungi. Semua bisa dimulai dengan mengikutiopen trip.

Pesan dari saya secara pribadi, kenalilah negeri mu, pergilah melanglang buana, ceritakan kembali sejarah yang sudah lama tak didengar, sehingga kamu tau mengapa orang-orang seperti Soekarno sangat mencintai tanah air ini.

Gading Rinjani

Lombok, 29 Juli 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *