Kawah Sikidang Dieng

Pesona Kawah Sikidang Dieng

Oktober 19, 2015
Blog

Inilah tempat yang di impi-impikan banyak orang, “Dataran Tinggi Dieng”. Nama Dieng sendiri berasal dari dua kata dari bahasa Sunda kuno yaitu “di” yang artinya “tempat” atau “gunung” dan “Hyang” yang artiya Dewa. Jadi, Dieng bisa diartikan sebagai daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam.

Hawa  yang sangat dingin akan menyambut anda saat tiba di dataran tinggi ini. Dingin sekali sampai ‘asap’ mengepul bebas dari mulut ketika bicara. Semua orang yang ada di sana memakai jaket yang terlihat sangat tebal dan empuk untuk menghalau dingin.

Kawah Sikidang
Kawah Sikidang

Tempat yang terkenal di Jawa Tengah ini memiliki sekumpulan tempat wisata menarik, seperti kawah-kawah belerang, danau-danau yang permai, candi-candi, dan tentu saja pemandangan pegunungannya yang menakjubkan. Semua pesona keindahan ini akan membuat takjub sipapun yang datang mengunjunginya.

Hawa dingin yang menusuk dan bau belerang yang menyengat akan dapat anda nikmati dengan semangkok mie rebus atau kentang goreng khas hasil pertanian dieng. Sungguh suasana yang syahdu dan menenangkan bukan? Apalagi jika anda mencoba meminum purwaceng (sebuah minuman berupa susu atau kopi yang katanya khasiatnya bisa menambah tenaga pria dan dapat menghangatkan badan).

Kawah Sikidang Dieng
Kawah Sikidang Dieng

Ini semua bisa anda nikmati saat berada di Kawah super eksotis di dieng yaitu “Kawah Sikidang”. Nama Sikidang sendiri di ambil dari kata “KIDANG” yang dalam bahasa Indonesia berarti Kijang. Binatang ini memiliki karasteristik yang suka melompat-lompat. Seperti hal nya uap air dan lava berwarna kelabu yangg terdapat di kawah sikidang ini selalu bergolak dan munculnya berpindah2 bahkan melompat seperti kijang.

Ada sebuah cerita legenda menarik dari Kawah Sikidang ini. Konon dahulu kala didataran tinggi dieng ada sebuah istana yangg di huni oleh ratu cantik bernama Ratu Shinta Dewi. Saat itu ratu cantik tersebut akan dilamar oleh seorang pangeran yang tampan dan kaya raya. Akan tetapi ternyata pangeran itu tidak lah setampan yang di beritakan. Pangeran itu bernama Pangeran Kidang Garungan yang perwujudan nya berupa manusia berkepala kijang.

Untuk menolak lamaran Sang Pangeran, maka Ratu Shinta Dewi mengajukan syarat untuk di buatkan sebuah sumur yang dalam dan luas. Saat sumur hampir selesai, Sang Ratu dan pengawal nya menimbun sumur dengan tanah yang didalam nya masih terdapat Sang Pangeran.

Ketika Sang Pangeran berusaha keluar dengan mengerahkan segala kesaktian nya, tiba-tiba sumur itu menjadi panas, bergetar dan meledak-ledak. Pangeran hampir saja keluar dari sumur tersebut, akan tetapi Sang Ratu dan para pengawalnya terus menimbun dengan tanah hingga Sang Pangeran tak dapat keluar. Sang Pangeran akhirnya marah dan mengutuk Ratu Shinta Dewi dan keturunannya kelak akan berambut gembel. Bekas sumur Pangeran Kidang Garungan inilah yang kemudian menjadi Kawah Sikidang.

Anak berambut gimbal atau rambut gembel di dieng terlahir normal seperti anak kebanyakan, akan tetapi pada sewaktu fase gimbal/gembel di rambut akan tumbuh secara sendiri nya. Saat gembel itu akan tumbuh, biasanya anak tersebut akan sakit-sakitan dimulai dengan badan panas. Jadi kalau anak tersebut mendapat 10 gembel di rambut nya maka 10 kali pula anak tersebut akan sakit-sakitan.

Anak berambut gimbal atau gembel biasanya cenderung aktif, kuat serta sedikit nakal. Konon ceritanya ada makhluk gaib yang menghuni dan menjaga gimbal di rambut gimbal tersebut. Gimbal bukan lah genetik yang bisa di turunkan secara turun-temurun. Siapa saja keturunan dari masyarakat dieng bisa mendapatkan anugerah ini.

Kawah Sikidang Telur Rebus
Kawah Sikidang Telur Rebus

Kabut seakan menyelimuti tanah ini, namun matahari berangsur-angsur menampakkan wujudnya, memberikan kehangatan dan memperlihatkan pesona Kawah Sikidang dan sekelilingnya. Inilah Dieng, layaknya puisi Tuhan yang disematkan di tengah Jawa. Dataran tinggi yang memiliki banyak cerita dan pelajaran didalamya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *