Kepulauan Derawan

Pesona Kepulauan Derawan

Oktober 6, 2015
Blog

Hai Traveler! Bila kalian adalah para traveler penyuka wisata bahari, berkunjung ke Kawasan Konservasi Laut Kepulauan Derawan patut dijadikan agenda trip kalian.

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini ada sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya taman bawah laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk-biduk Berau. Namun sedikitnya ada enam pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, Panjang, Samama dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan merupakan kawasan laut dan mangrove yang diatur untuk keperluan kegiatan perikanan berkelanjutan, wisata bahari, penelitian, dan pengembangan sosial-ekonomi masyarakat, serta pemanfaatan sumber daya laut. Belum ada penerbangan langsung untuk menuju kawasan ini. Penerbangan dari Jakarta hanya sampai ke Balikpapan, kemudian ganti dengan pesawat kecil ke Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau. Dari Tanjung Redeb menggunakan speedboat menuju Pulau Derawan. Perjalanan panjang memang, tapi kalian tidak akan menyesal setelah sampai di tempat tujuan bahkan rasa lelah trip ini akan terbayar saat melihat indahnya panorama sisi Indonesia yang satu ini.

Butuh satu jam menyusuri sungai untuk sampai di muara. Jangan heran kalau kalian melihat begitu banyak bagan tancap pada perahu. Bagan ini milik penduduk setempat dan jumlahnya bisa ribuan. Di Pulau Derawan juga terdapat beberapa cottage. Air laut di kawasan ini bersih dan jernih dengan pasir putih yang membentang.

Kepulauan yang terletak di Laut Sulawesi pada pesisir Kabupaten Berau Kalimantan Timur dan menghadap ke mulut muara Sungai Kelai ini dikenal dengan Delta Berau. Terdapat 21 pulau di kepulauan ini. Gugusan Kepulauan Derawan hanyalah sebagian kecil dari ratusan pulau di pesisir timur Kaltim yang berjumlah 248 pulau. Dari jumlah itu, 138 pulau belum mempunyai nama, dua pulau di antaranya Sipadan dan Ligitan hilang, menjadi milik Malaysia. Perairan di pulau ini terkenal sebagai salah satu diving spot atau tempat penyelaman yang terbaik di dunia.

Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Berau, telah direncanakan kawasan konservasi pulau-pulau kecil di Kepulauan Derawan. Kawasan konservasi ini dilihat dari keanekaragaman hayati yang ada di kepulauan ini antara lain satwa endemik, dan tempat-tempat penting lain. Selain memiliki beberapa ekosistem tropis yang terdiri dari ekosistem terumbu karang, ekosistem lamun, dan ekosistem mangrove, Kepulauan Derawan juga punya spesies yang dilindungi dan khas.

Spesies itu diantaranya ketam kelapa (Birgus latro), paus, lumba-lumba (Delphinus), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Erethmochelys fimbriata), dan dugong (Dugong dugon). Ketam kelapa dapat ditemukan di Pulau Kakaban dan Maratua. Paus dapat ditemukan di sekitar Pulau Maratua pada musim tertentu sedangkan lumba-lumba di sekitar Pulau Semama, Sangalaki, Kakaban, Maratua, dan Gosong Muaras. Penyu dapat ditemukan di sekitar Pulau Panjang, Derawan, Semama, Sangalaki dan Maratua serta Dugong di Pulau Panjang dan Semama. Spesies unik lain adalah Pari Manta (Manta birostris) yang terdapat pada di Pulau Sangalaki dan Pigmi Seahorse di Pulau Semama dan Derawan.

Kepulauan Derawan sebagai salah satu tempat yang paling kaya dan unik di dunia dan ini ada di Indonesia bisa menjadi agenda trip kalian selanjutnya. Pastikan kalian menjadwalkannya pada liburan mendatang. Ayo kenali negeri tingkatkan potensi wisata negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *